Cara Agar Minyak Goreng Tak Meletup Saat Menggoreng

Posted by Anonim on Rabu, April 30, 2014 with 1 comment
Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan, terutama bagi yang hobi memasak. Tetapi, bagaimana jika kita mendapat masalah yang sepele tapi cukup menggangu dalam kegiatan masak-memasak, misalnya minyak goreng yang meletup dengan sendirinya.

Kejadian itu sering terjadi ketika kita menggoreng telur, ikan, ayam, dan lain-lain. Bila terkena cipratannya yang panas dan lumayan perih akan membuat kita jengkel. Berikut adalah cara untuk mengatasi agar minyak goreng tidak meletup atau meledak.



1. Perhatikan Kadar Air
Biasanya penggorengan akan menyimpan sedikit air terutama saat kita selesai mencuci. Minyak yang panas akan meletup jika mendapat cipratan air. Pastikan penggorengan kering akan air. Untuk cara yang lebih cepat, panaskan penggorengan yang masih basah, maka air akan menguap. Setelah dirasa cukup, tuangkan minyak untuk menggoreng.

2. Kuantitas Minyak
Jangan terlalu banyak memberi minyak ketika akan menggoreng. Usahakan 1/3 atau menutupi seluruh penggoregan. Untuk menggoreng telur, gunakan penggorengan datar dan beri minyak secukupnya pada seluruh bagian penggorengan.

3. Minyak Tidak Terlalu Panas
Minyak yang panas akan membuat minyak mudah meletup apalagi jika bercampur dengan zat yang berbeda jenis. Selain itu minyak yang terlalu panas memiliki mutu yang buruk karena akan membentuk radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Gunakan Penutup Wajan
Jika tidak memungkinkan, bahan-bahan yang akan kita goreng memiliki kandungan air yang tinggi maka kita gunakan penutup untuk menghalangi cipratan minyak.
Categories: