Cara Membuat Presentasi Memukau

Posted by Anonim on Rabu, April 30, 2014 with No comments
Presentasi merupakan penyampaian informasi (bisa dalam bentuk produk, kegiatan, olah data dan lain-lain) yang melibatkan gambar, suara, bahasa tubuh dan dilakukan dalam bentuk komunikasi tatap muka kepada hadirin Presentasi memiliki tujuan untuk membuat hadirin mengerti dan paham akan informasi yang kita berikan.



Buat Presentasi yang Mudah Diingat
Presentasi yang mudah diingat adalah presentasi yang sederhana, tidak memuat terlalu banyak data atau angka, mudah dicerna, dan kuat secara visual. Jangat membuat slide yang memiliki terlalu banyak gambar dan data sehingga akan membuat audiens berpikir keras untuk memahami presentasi tersebut. Kemudian sampaikan presentasi dengan bahasa yang mudah dipahami.

Kesalahan bagi para pemula adalah mereka cenderung menampilkan slide yang berisi penjelasan yang rumit dan biasanya slide akan penuh akan gambar dan tulisan. Seharusnya slide hanya berisi poin-poin penting yang kemudian dijelaskan oleh presenter.

Sampaikan Cerita Dibalik Presentasi
Ada saat dimana kita menyampaikan hal diluar topik pembicaraan namun saling berkaitan dengan apa yang akan kita sampaiakan. Kita tidak harus langsung menyampaikan inti pembicaraan, namun menceritakan latar belakang dari apa yang kita jelaskan. Audiens akan mengikuti alur cerita yang kita sampaikan dan lebih mudah dalam memahami presentasi kita.


Ciptakan Momen Kejutan
Jurus yang paling ampuh dalam membuat audiens terpukau adalah momen kejutan. Disaat audiens fokus akan presentasi dan penjelasan yang ditampilkan, mereka tidak sadar akan suatu kejutan yang bakal membuat mereka terkesima dan menjadi momentum yang paling diingat.

Momen kejutan haruslah tepat sasaran, atau momen kejuatan akan menjadi bomerang dan kesalahan fatal bagi diri kita sendiri. Audiens akan kecewa dan menganggapnya sutau kebodohan. Jadi, berhati-hatilah dalam menciptakan momen kejuta.


Slide Profesional
Slide yang kita tampilkan akan mendukung seluruh presentasi kita. Namun, biasanya bagi para pemula, mereka hanya bepikir untuk bisa menampilkan presentasi lisan dengan baik dan lancar tanpa memperhatikan slide power point, sehingga slide akan cenderung asal-asalan. Audiens akan berpikir jika presentasi tidak dipersiapkan dengan matang dan seringkali akan menurunkan respek mereka.

Slide yang profesional biasanya memiliki estetika tersendiri dan eye catching, namun tidak terkesan rumit. Slide profesional juga tidak menampilkan animasi yang aneh-aneh dan cenderung sederhana. Gambar atau video yang ditampilkan biasanya menampilkan kualitas HD (High Definition).

Selalu Berlatih Untuk Kesempurnaan
Steve Jobs dalam presentasinya selalu menampilkan suatu hal yang menajubkan seluruh audiens pada saat itu. Steve Jobs selalu menguasai betul apa yang akan disampaikannya, dan pertanyaan yang tertuju kepadanya karena beliau telah bepuluhan kali berlatih dan berlatih demi tercapainya kesempurnaan.

Presentasi yang memukau tidak terbentuk oleh latihan sesaat. Presentasi yang baik terbentuk oleh latihan yang berulang-ulang dan kerja keras. Latihan diperlukan untuk menguasai hasil presentasi dan mengantisipasi pertanyaan dari audiens.

Nikmati Presentasi
Jangan tegang dalam menampilkan presentasi, selalu tenang dan buat audiens terbawa dan menikmati presentasimu. Jangan mengalihkan pandangan selain pada audiens. Tunjukkan semangat dan keprofesionalitasmu.

Categories: