Penemuan-penemuan Penting Akibat Kesalahan

Posted by Anonim on Jumat, Mei 09, 2014 with No comments
Tak selamanya kesalahan selalu berdampak negatif. Buktinya kesalahan juga dapat memberikan inovasi baru dan ide-ide kreatif yang akhirnya dapat mengubah dunia. Dan tak selamanya kebenaran selalu berdampak positif, karena bisa saja hal yang benar jutru merupakan awal dari kesalahan atau kegagalan. Berikut cerita tentang penemuan yang dihasilkan akibat kesalahan.








Ban "Good Year"
Salah satu ilmuwan yang berusaha keras untuk mencari campuran yang pas untuk ban ini adalah Charles Goodyear. Tapi sayangnya usahanya sia-sia sama dengan ilmuwan lainnya. Tapi tanpa disengaja suatu saat dialah yang menemukan ban yang bisa tahan dengan segala kondisi dan menjadi salah satu ban terkenal di dunia sampai saat ini. Jadi ceritanya suatu kali saat Charles ini sedang beristirahat dia tanpa sengaja menjatuhkan segumal karet dengan zat semacam sulfur secara bersamaan ke sebuah kompor panas dan rupanya karet ini bisa bereaksi dengan sulfur. Dan rupanya saat diteliti lagi karet yang bercampur dengan sulfur menjadi tahan panas dan juga tahan dingin. Berdasarkan inilah akhirnya ban karet menjadi ban yang bisa tahan panas dan dingin. Dan ban yang ditemukan itu dikenal sekarang dengan nama GoodYear.



Sabun Mandi
Jadi ceritanya di suatu pabrik sabun pada saat karyawannya istirahat, rupanya mereka lupa mematikan mesin pembuat sabunnya sehingga sabun ini bercampur dengan udara. Karena sabunnya tidak terlihat beda maka sabun itu langsung dipasarkan. Rupanya di pasaran, sabun ini menghasilkan busa dan sangat disukai oleh para konsumen. Dan karena kesalahan itulah sampai sekarang sabun itu berbusa.



Brownies
Kabarnya, terciptanya Brownies adalah karena “kecelakaan” alias lalainya sang pembuat kue dalam mengolah kue dan memasukkan baking powder. Sehingga, kue cokelat yang hendak dibuatnya jadi bantat, seperti kue bolu yang bantat, alias tidak mengembang. Menurut situs The Amazing of Brownies, resep brownies pertama kali dipublikasikan tahun 1897 di Sears, Roebuck Catalogue. Dalam sejarah kuliner, brownies termasuk katagori cookie, kue kecil berbahan dasar tepung, rasanya manis, dengan tekstur lembut dan renyah.



Super Glue
Terjadi masih pada zaman perang tahun 1942, ketika para ilmuwan hanya memikirkan bagaimana cara membuat senjata yang lebih baik. Dr. Harry Coover sedang bekerja dengan bahan Cyanoacrylate di laboratorium Eastman Kodak ketika ia membuat bahan yang terlalu lengket untuk digunakan. Dia melemparnya hingga menempel di tembok. Bahkan setelah perang selesai, ia baru menyadari kalau bahan yang ia lempar sebelumnya masih menempel dengan kuat dan usaha yang dia lakukan untuk melepasnya dengan tangan selalu gagal. Setelah meyakinkan atasannya, pada tahun 1985, Eastman 910 atau yang biasa dikenal umum dengan nama Krazy Glue, mulai dipasarkan.



Smart Dust
Jamie Link, seorang mahasiswi Universitas California sedang mengerjakan chip silikon untuk proyeknya yang kemudian meledak. Kemudian ia menyadari kalau debu hasil ledakan tersebut dapat berfungsi sebagai sensor. Setelah memenangkan Kompetisi Inovator Collegiate 2003, sensor debu tersebut dikembangkan dan digunakan untuk melacak kandungan berbahaya di udara, seperti gas kimia, agen biologis, kejernihan air, bahkan dapat melacak dan menghacurkan sel tumor di dalam tubuh.



Antibiotik
Penemuan terbaik sepanjang masa yang terjadi secara tidak sengaja, setelah Alexander Fleming meninggalkan tempat kerjanya yang kotor selama 24 jam pada tahun 1928. Ketika ia kembali, beberapa bahan organik telah ditumbuhi oleh jamur. Kejadian aneh ketika tidak ada bakteri yang tumbuh disekitarnya. Penisilin inilah, antibiotik pertama yang digunakan secara luas.



Tombol QWERTY
Awalnya Keyboard QWERTY yang biasa kita gunakan, dibuat urut ABCDE dan seterusnya. Jadi memungkinkan untuk kita lebih cepat dalam proses pengetikan. Tapi, justru dengan aturan seperti itulah yang membuat respon dari tuts kurang berjalan dengan maksimal karena diberi perintah secara beruntun, sehingga susunan batang huruf akan saling menghentak dan pita akan saling terkait/tersangkut. Hal itu yang membuat Christopher Latham Sholes bingung dan akahirnya mengacak-acak susunan huruf itu sampai terbentuklah susunan huruf yang merupakan kombinasi paling sulit yaitu QWERTY.
Categories: